WORKSHOP REVIEW EKSTERNAL SAR AUN-QA EMPAT PRODI UNY

Dalam rangka mendorong lebih jauh upaya untuk menuju Universitas Kependidikan Kelas Dunia (UKKD),  UNY telah menyelenggarakan  program insentif rintisan prodi berstandar internasional. Program ini bertujuan untuk membantu prodi-prodi di UNY untuk mendapatkan sertifikasi internasional dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Program yang mulai bergulir pada tahun 2016 ini dimulai dengan 4 peserta yaitu Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Kimia, Prodi Pendidikan Teknik Elektro, dan Prodi Pendidikan Teknik Elektronika yang selanjutnya disebut sebagai Batch 1. Sedangkan pada tahun 2017, jumlah prodi di UNY yang mengikuti program ini bertambah 4 prodi lagi yaitu Prodi PLB, Prodi Pendidikan Geografi, Prodi Pendidikan Sejarah, dan Prodi Pendidikan Seni Kerajinan yang selanjutnya disebut sebagai Batch 2.

AUN-QA sebagai salah satu bentuk penilaian terhadap mutu program studi lebih menekankan pada self assessment melalui penyusunan Self-Assesment Report (SAR). Untuk membantu penyusunan SAR, prodi-prodi peserta sertifikasi AUN-QA telah mengikuti berbagai kegiatan diantaranya in-house training, Tier 1 AUN-QA training di Bangkok bagi wakil-wakil prodi Batch 1 dan review draf SAR secara internal.

Untuk menyempurnakan draf SAR yang telah disusun oleh prodi-prodi Batch 1, UNY telah mengirimkan draf tersebut kepada reviewer eksternal yaitu Prof. Dr. Ing. Herman Parung, M.Eng. dari Universitas Hasanuddin. Melalui Workshop dan FGD Pemaparan Hasil Review Eksternal SAR AUN-QA yang diadakan pada hari Kamis 7 Juni 2018 di Hotel UNY, Prodi-prodi Batch 1 dan Batch 2 memiliki kesempatan secara langsung untuk bertanya dan berdiskusi lebih lanjut dengan narasumber yang saat ini merupakan Assesor resmi yang ditunjuk oleh AUN-QA. Tahun 2018 ini, KUIK akan segera meluncurkan panduan program insentif rintisan prodi berstandar internasional (AUN – QA) untuk Batch 3 untuk memberikan kesempatan yang lebih banyak lagi bagi prodi-prodi UNY untuk menjadi prodi yang tersertifikasi secara internasional.(KUIK UNY)