WORKSHOP PERINTISAN KERJA SAMA DAN PENYUSUNAN NASKAH KERJA SAMA 2016

Untuk mendukung akselerasi pencapaian visi UNY menjadi Universitas Kependidikan Kelas Dunia(UKKD) pada tahun 2025, pemahaman Unit Urusan Internasional dan Kemitraan (U2IK) di tingkat fakultas, lembaga dan pascasarjana  terhadap layanan yang terkait dengan perintisan kerja sama dan penyusunan naskah kerja sama  memiliki posisi yang strategis. Hal inilah yang mendasari pelaksanaan workshop “Perintisan Kerja Sama dan Penyusunan Naskah Kerjasama” yang diadakan pada tanggal 17 September 2016 di Ballroom Hotel UNY.

“Banyak perguruan tinggi di berbagai belahan dunia tertarik untuk menjalin kerja sama dengan UNY,” ungkap Wakil Rektor IV UNY, Dr.rer.nat Senam saat memberikan sambutan. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti juga mendorong agar seluruh universitas di Indonesia untuk menjalin kerjasama lebih luas . Sementara itu, di UNY juga sudah ada tawaran menarik untuk Ph.D student ke Tiongkok, Jerman dan Perancis. Menurut beliau, peran U2IK di fakultas, lembaga dan pascasarjana sangat penting karena akan menjiwai kerja sama yang akan dirintis dan dikembangkan oleh UNY.

Dalam diskusi “Bagaimana Memperbesar Peluang Kerja Sama”,  Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan  UNY Dr.-Ing. Satoto E. Nayono, M.Eng., M.Sc., menyatakan bahwa tujuan kerja sama di UNY yang utama adalah meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Melalui kegiatan kerja sama, kapasitas kita sebagai institusi pendidikan bisa optimal,” ujar Dr.-Ing. Satoto E. Nayono, M.Eng., M.Sc. Beliau juga mengingatkan bahwa  UNY juga memiliki tanggung jawab untuk mendukung peningkatkan taraf pendidikan di daerah yang masih tertinggal. Inilah alasan mengapa UNY juga menjalin kerja sama dengan banyak daerah di Indonesia.(laksa)