UNY MERANGKUL DAERAH GARIS DEPAN INDONESIA UNTUK PEMBANGUNAN INDONESIA (PROVINSI KALIMANTAN UTARA)

Kerja sama yang telah dilaksanakan antara kalimantan utara sudah dilaksanakan sejak 2012 melalui kerja sama dengan salah satu kabupaten di Provinsi tersebut yaitu Kabupaten Malinau. Bahkan, sejak 2010 saat Kabupaten Malinau masih masuk wilayah Provinsi Kalimantan Timur, kegiatan kerja sama sudah berlangsung, yaitu tentang pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hidro. Selain itu, kerja sama pelaksanaan pendidikan putera-puteri Provinsi Kalimantan Utara khususnya Kabupaten Malinau telah dilaksanakan sejak 2012 melalui jalur kerja sama. Selain itu, pada tahun 2017 Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara juga mengundang nara sumber dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mengisi Bimbingan Teknis Guru Pendidikan Luar Biasa Provinsi Kalimantan Utara.

Menindaklanjuti beberapa kegiatan kerja sama tersebut, Delegasi UNY yang diwakili oleh Dr. -Ing Satoto Endar Nayono, M.Eng., M.Sc. (Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan) bersama Aji Abdussalim, S.Pd. (Staf Kemitraan Dalam Negeri) berkunjung ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara Jumat, 29 September 2017. Pada Kesempatan tersebut Delegasi UNY berdiskusi dengan Drs. Teguh Henri S. M.Pd. (Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara) beserta jajaran. Dalam kesempatan tersebut, Satoto menyampaikan berbagai potensi kerja sama yang ditawarkan UNY, mulai dari bidang pendidikan, pelatihan para guru, penelitian, pengabdian masyarakat, pendampingan penyusunan raperda pendidikan, pendampingan penyusunan master pendidikan dan kegiatan tridarma perguruan tinggi lainnya.

Teguh menanggapi positif kunjungan delegasi UNY dan berharap banyak terkait potensi kerja sama yang memungkinkan. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan kerja sama sudah ada, hanya belum dipayungi Nota Kesepahaman antara Gubernur Provinsi Kalimantan Utara dengan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. Beliau berharap UNY dapat membantu dalam merealisasikan kegiatan kerja sama khusunya dalam pendampingan master plan pendidikan Provinsi Kalimantan Utara. “kami perlu bantuan UNY untuk penyusunan Master Plan Pendidikan yang kami perlukan sebagai pembangunan pendidikan, baik pembangunan pendidikan jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang,” tambahnya. Selain itu, Proviunsi Kalimantan Utara juga memerlukan pengembangan pendidikan khususnya Pendidikan Luar Biasa dan Pendidikan Kejuruan yang sampai saat ini masih kekurangan para Guru. Melalui penambah para guru CPNS yang sekarang sedang berlangsung, beliau berharap dapat memenuhi kekurangan yang ada, dan Kedepan peran UNY diharapkan dapat membantu dalam peningkatan Sumber Daya Manusuia yang dimiliki Provinsi Kalimantan Utara tersebut (aji).