You are here

UNY MENYELENGGARAKAN IN-HOUSE TRAINING SERTIFIKASI AUN-QA 2017

Dalam rangka mendukung percepatan UNY menuju universitas kependidikan kelas dunia, KUIK UNY memfasilitasi pelaksanaan pelatihan sertifikasi AUN-QA. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 28-29 November 2017 ini, diikuti oleh 8 prodi di UNY yang telah terseleksi. Adapun gelombang pertama terdiri dari prodi Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Teknik Elektronika, Pendidikan Teknik Elektro, untuk prodi yang sudah mengikuti seleksi gelombang kedua adalah Pendidikan Sejarah, Pendidikan Seni Kriya, Pendidikan Geografi serta Pendidikan Luar Biasa.

“Terima kasih kepada Bapak Ketua Penjaminan Mutu UNY yang telah mendaftarkan UNY untuk menjadi anggota AUN-QA,” kata Dr. rer. nat. Senam, Wakil Rektor Bidang Kerja sama,  mengawali sambutan dalam pembukaan pelatihan sertifikasi AUN-QA. Pendaftaran ini menjadi awal bagi UNY untuk dapat melanjutkan upaya untuk mendapatkan sertifikasi AUN-QA. Dr. rer. nat. Senam berpesan bahwa persiapan untuk prodi yang akan divisitasi tim AUN-QA harus matang. Dengan demikian, hasil dari sertifikasi nantinya dapat mendorong lebih lanjut upaya menuju universitas kependidikan kelas dunia.

Sementara itu, Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd mewakil Rektor UNY menyatakan bahwa salah satu kriteria perguruan tinggi kelas dunia adalah pernah mengikuti pemeringkatan atau penjaminan mutu eksternal dari internasional. “Untuk penjaminan mutu eksternal nasional, kita melalui BAN-PT sudah mendapat AIPT A. Sementara itu, untuk penjaminan eksternal yang luar negeri, salah satu program yang akan dilaksanakan yaitu sertifikasi AUN-QA ,” tutur WR II yang sekaligus membuka secara resmi pelatihan sertifikasi AUN-QA.

Pada training hari pertama, materi sesi pertama diberikan oleh Dr. Ir. JP. Gentur Sutapa, M.Sc.Forest dari Kantor Jaminan Mutu UGM. Untuk materi sesi kedua disampaikan oleh Dr. Leni Sophia Heliani, M.Sc. Kedua pemateri yang berasal dari Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM memberikan materi dasar tentang sertifikasi AUN-QA. Kedua sesi ini diikuti secara penuh oleh dosen UNY yang prodinya terpilih untuk mendapatkan hibah sertifikasi AUN-QA batch 2. Mereka berasal dari Pendidikan Sejarah, Pendidikan Seni Kriya, Pendidikan Geografi serta Pendidikan Luar Biasa.

Training hari kedua adalah ajang presentasi dan konsultasi bagi prodi yang mendapatkan hibah sertifikasi AUN-QA batch 1 yaitu prodi Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Teknik Elektronika serta Pendidikan Teknik Elektro.  Pada sesi yang difasilitatori oleh Dr. Leni Sophia Heliani, M.Sc. dan Tety Hartatik, Ph.D dari KJM UGM, perwakilan dari prodi yang mendapat hibah AUN-QA batch 2 juga mendapat kesempatan sebagai pengamat. (lak)

Tags: 

International Student Corner

Pura Besakih adalah alah satu pura-pura yang paling terkenal tidak hanya di antara pura-pura Bali tetapi juga di antara tempat wisatawan di pulau tersebut. Kalau Anda sudah pernah di Bali mungkin namanya kedengaran akrab. Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terletak di Desa Besakih,...

Candi Sambisari adalah candi hindu yang berada di Purwomartani kelasan , seleman Yogyakarta candi ini dibangun pada abat ke 9 masa pemirintahan raja Rakai Garung Candi ini dimukan pada tahun 1966 oleh seorang petani di desa Sambisari dan dipugur pada tahun 1986 oleh...

Kontak Kami

Gedung Rektorat Sayap Utara lt. 3, Kampus UNY Karangmalang, Jalan Colombo No. 1, Sleman Yogyakarta 55281

Telp/fax. +62 274 520324       

kesekretariatan                :  international.office@uny.ac.id

promosi dan publikasi        : unyenglish@gmail.com