UNIVERSITAS DI THAILAND UNDANG MAHASISWA UNY UNTUK IKUTI INTERNATIONAL CULTURE CAMP

Suranaree University of Technology (SUT) menyelenggarakan International Camps yang akan dilaksanakan mulai tanggal 19 Juni hingga 25 Juni 2016. Untuk itu, universitas tersebut mengundang beberapa mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk turut serta mengikuti event internasional tersebut. Gayung bersambut, UNY mengirimkan 8 mahasiswa dari berbagai fakultas dan program studi untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

Kegiatan tersebut dibagi ke dalam 2 agenda, yakni The 2nd International Martial-Arts dan Culture Camp: Muay Thai yang akan diikuti oleh 3 mahasiswa UNY dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan The 3rd International ASEAN Culture Camp: ISAAN Culture yang akan diikuti oleh 5 mahasiswa UNY).

Salah satu peserta Culture Camp, Riswanda Nanda Pratama, yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNY menyatakan “Saya sangat senang terpilih menjadi perwakilan UNY untuk mengikuti culture camp tersebut, sekarang kita sedang melakukan persiapan”.

Guna mempersiapkan keberangkatan mahasiswa, Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK) UNY mengadakan pre departure pada Kamis – Jumat, 16 – 17 Juni 2016 di Ruang Kelas KUIK. Hadir sebagai pemateri pada hari pertama adalah Kepala KUIK UNY, Dr.Ing Satoto E. Nayono, M.Eng., M.Sc; Arumi Savitri Fatimaningrum, M.A.; dan Retna Hidayah, Ph.D. Masing – masing menyajikan materi yang berbeda, mulai dari cross culture undestanding, hingga bagaimana membangun kepercayaan diri dan kerjasama tim.

Di hari kedua, agenda diisi dengan pembekalan mengenai diskusi dan sosialisasi dalam bahasa Inggris oleh Lusi Nurhayati, M.Appl.Ling (TESOL), yang dilanjutkan dengan kelas Bahasa Thailand dan informasi umum mengenai Suranaree University of Thailand oleh Andre Iman Syafroni, M.A.

“Di Thailand, mayoritas penduduknya tidak bisa berbahasa Inggris. Yang mengerti bahasa Inggris biasanya hanya kaum elit (mahasiswa/dosen S2 atau S3), penting bagi kalian untuk mengetahui bahasa Thai walaupun hanya ungkapan harian untuk bersosialisasi,” ujar Andre Iman Syafroni, M.A. ketika memberikan materi Bahasa Thai sehari-hari. (Wulan)