SOSIALISASI WORLD UNIVERSITY RANKING OLEH CEO QS ASIA

Jumat (12/4) pekan lalu UNY mendapatkan kehormatan menerima CEO QS ASIA; Mandy Mok. Mandy yang merupakan Chief Executive Officer atau pimpinan QS ASIA cabang Singapura, memberikan pemahaman indicator QS World University Ranking atau WUR sebagai upaya internasionalisasi UNY. Acara yang dibuka oleh Wakil Rektor IV and II UNY ini mengundang seluruh civitas akademika UNY terutama para pimpinan bidang agar mempersiapkan diri untuk mengikuti perankingan QS yang sekiranya akan diinisiasi di tahun 2018.

QS World University Rankings adalah publikasi tahunan rangking universitas oleh Quacquarelli Symonds (QS). Mandy memberikan informasi tentang kriteria penilaian yang dilakukan oleh QS dalam menentukan rangking, adapun 5 kriteria utama adalah 1) Reputasi Akademik, 2) Reputasi Pemakai Tenaga Kerja, 3) Perbandingan Mahasiswa Dosen, 4) Jumlah Kutipan Dosen, dan 5) Jumlah Mahasiswa Internasional. Dari lima kriteria tersebut, menurut Mandy yang paling penting adalah Reputasi Akademik, dimana faktor Reputasi berperan hampir 40 persen dalam menentukan World University Ranking.

Mandy juga berpesan agar strategi Reputasi ini didukung oleh pembentukan merek dan pemasaran. UNY harus memberikan usaha yang lebih dalam membentuk merek dagang yang berafiliasi dengan pendidikan. Beliau juga memberikan contoh yang sudah mapan, dimana universitas-universitas di Malaysia mulai melalukan ekspansi pemasaran di media-media internasional dan juga maskapai penerbangan. Diharapkan setelah adanya sosialisasi ini seluruh sivitas akademika dapat turut andil dalam mewujudkan visi UNY untuk menjadi universitas kependidikan kelas dunia (andre).

Tags: