RAYAKAN DIES NATALIS KE - 59 FT UNY SIAP MENUJU KAMPUS PENDIDIKAN VOKASIONAL KELAS DUNIA

Berbagai upaya terus digalakkan untuk mewujudkan visi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi kampus kelas dunia. Usaha ini nampak dari berbagai program yang telah berhasil merengkuh beragam prestasi dan pengakuan dari dunia internasional. Senada dengan visi tersebut Fakultas Teknik (FT) UNY terus berjuang untuk meneguhkan diri menjadi kampus pendidikan vokasional bertaraf internasional. Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., menyampaikan bahwa seluruh komponen kampus terus didorong untuk bekecimpung dalam berbagai aktivitas intrenaional. “Sebagai contoh baru-baru ini, tim robotika kami mengikuti Federation of Internasional Robot-Sports Association (FIRA) di kota Changwon, Korea Selatan dan diganjar dengan 5 penghargaan,” ujarnya.

“Akhir tahun ini, mahasiswa kami juga baru saja mempersembahkan medali perak dan perunggu dalam 5th International College Students Barista Championship,” lanjut Prof. Herman.

“Selain melalui kompetisi, kami juga terus meningkatkan program magang internasional dimana mahasiswa kami “belajar” bekerja selama kurang lebih 6 bulan dengan perusahan-perusaahaan mitra kami di Jepang seperti Sagami Fresh Co, Ltd., Sanyo Tec, Kowatech, dan Domremy, Co.Ltd,” bebernya.

“Program praktik mengajar di sekolah luar negeri juga terus kami tingkatkan, saat ini kami bekerjasama dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, dan Universiti Pendidikan Sultan Idris untuk menyalurkan mahasiswa kami mengajar di sekolah Malaysia dan akan diperluas ke negara ASEAN lainnya.

Staf pengajar kami juga terus aktif untuk mengadakan penelitian kolaborasi dengan kampus luar negeri dari Malaysia, Thailand, Taiwan, Jepang, Cina dan lain-lain.

“Pun program visiting scholars menjadi perhatian kami dimana dosen kami mengajar di kampus mitra luar negeri selama beberapa bulan dan juga sebaliknya kami menghadirkan ahli dari kampus mitra seperti Deakin University, The University of Melbourne, Yamaguchi, Kasetsart University untuk menjadi guest lecture,” ujarnya.

Herman menambahkan bahwa FT UNY juga telah melakukan langkah standarisasi internasional terhadap kualitas dan layanan dengan divisitasinya dua program studi yakni Pendidikan Teknik Elektro dan Pendidikan Teknik Elektronika oleh ASEAN Quality Network-Quality Assurance (AUN-QA sebagai bentuk pemantauan kualitas yang sistematis, terstruktur, transparan, dan berkesinambungan demi memastikan tersedianya SDM berkualitas.

“Tahun ini, kami juga tengah bersiap untuk visitasi ASIIN (Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, the Natural Sciences and Mathematics) untuk Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif dan Pendidikan Teknik Mesin,” lanjut Herman.

Puncak acara hari jadi FT pada Minggu, 09 Februari 2020 berupa Senam Bersama serta kegiatan sosial seperti donor darah, cek kesehatan gratis, Perpanjangan SIM dan STNK serta lomba-lomba. “Kegiatan Dies Natalis ke-59 ini diharapkan menjadi ajang kebersamaan demi merekatkan hubungan seluruh keluarga besar FT UNY sehingga tercipta harmoni langkah dalam mewujudkan kampus pendidikan vokasional kelas dunia,” tutup Herman.