Penandatanganan MoU antara Universitas Negeri Yogyakarta dan Universite de Poitiers, Perancis

Penandatanganan MoU antara Universitas Negeri Yogyakarta dan Universite  de Poitiers, Perancis

Senin (28/4/2014) Prof. Gerard Mauco, Vice President for Inter-Regional University Network dari Universite de Poitiers, bersama Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., Rektor Universitas Negeri Yogyakarta,  dan Prof. Suwarsih Madya, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerjasama kedua institusi. Penandatangan nota kesepahaman ini berlangsung di RKU, gedung Rektorat UNY.

Dalam pertemuan ini, dibahas bidang-bidang yang potensial menjadi program kerjasama. Adapun bidang kerjasama yang menjadi fokus dari Universite de Poitiers mencakup bidang hukum, ilmu ekonomi, bisnis dan manajemen, seni, sastra dan bahasa, humaniora dan ilmu sosial, ilmu olah raga, ilmu pengetahuan alam, teknologi dan sains. Kesempatan bagi staf pengajar di UNY untuk melanjutkan studinya di universitas yang telah berdiri sejak tahun 1431 ini pun terbuka, terutama bagi dosen pendidikan bahasa Perancis yang ingin melanjutkan studinya di jenjang S3.  Dengan penguasaan bahasa Perancis pada tingkat kemahiran yang ditentukan dan beasiswa yang saat ini, besar kemungkinan untuk para dosen melanjutkan studi di Universite de Poitiers.  Dra. Alice Armini, M.Hum. pun menyambut baik kesempatan ini mengingat belum ada dosen di Jurusan Pendidikan Bahasa Perancis yang melanjutkan studinya di program doktoral di universitas yang ada Perancis.

Sebagai hasil dari diskusi bidang kerjasama, penguasaan bahasa Perancis menjadi pertimbangan utama bagi universitas ini untuk menerima mahasiswa internasional untuk belajar di sana. Oleh karena itu, ada beberapa usulan program kerjasama yang terkendala masalah bahasa.

Disamping perwakilan Universite de Poitiers tersebut, hadir pula Prof. Christine Mauco selaku perwakilan dari the Conservatory of Music and Dance, yang ingin menjalin kerjasama dengan Fakultas Bahasa dan Seni UNY dalam bentuk pelatihan singkat untuk mengajarkan seni tari maupun musik dan kolaborasi pertunjukan seni bersama dengan mahasiswa.  Menanggapi hal tersebut Dr. Kun Setyaning Astuti, M.Pd., Wakil Dekan III Fakultas Bahasa dan Seni UNY, memberikan dukungan dan menyatakan kesediaanya untuk menjalin kerjasama dengan the Conservatory of Music and Dance, Perancis. Kesempatan ini sangatlah ditunggu-tunggu mengingat Perancis adalah negara yang telah menjadi sumber inspirasi musik, seni, dan sastra. (yla)