MONITORING SEBAGAI UPAYA MENANGANI KENDALA MAHASISWA ADIK DAN KERJA SAMA UNY

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melalui Bidang Akademik dan Bidang Kerja Sama  kembali menyelenggarakan Monitoring dan pemberian motivasi kepada mahasiswa kerja sama dan mahasiswa Adik (Afirmasi Pendidikan). Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 9 Juni 2017 di Ruang Sidang Utama Rektorat ini dibuka oleh Wakil Rektor 1, Prof. Dr. Margana, M.Hum, M.A. dengan didampingi oleh Wakil Rektor IV, Kepala Biro AKI, Staf Ahli WR 1 dan jajaran. Kegiatan monitoring tersebut rutin dilaksanakan setiap semester untuk melihat perkembangan mahasiswa dan kendala yang dihadapi mereka.

Berbagai kendala yang dihadapi mahasiswa Adik dan kerja sama ditampung untuk selanjutnya tim dari UNY menyusun rancangan tindakan yang diperlukan untuk membantu para mahasiswa. Beberapa kendala yang dihadapi mahasiswa adalah nilai yang masih rendah, nilai TOEFL belum mencapai standar minimal, dan penyelesaian Tugas Akhir Skripsi. Bapak Wakil Rektor IV dalam sambutannya menyampaikan bahwa para mahasiswa harus mencintai program studi dan mata kuliah yang mereka tempuh sehingga hasil studi bisa maksimal.

Selain memperoleh arahan dari para pimpinan UNY, para mahasiswa tersebut juga memperoleh motivasi dari motivator yang juga Dosen Ilmu Psikologi UNY, Veny Hidayat, S.Psi., M.Psi. Mahasiswa tampak bersemangat mengikuti sesi motivasi tersebut.

UNY berharap kegiatan-kegiatan yang diselenggakan UNY untuk memfasilitasi mahasiswa kerja sama dan Adik dapat mendorong para mahasiswa agar dapat menyelesaikan studi tepat waktu dan memperoleh hasil maksimal. Selanjutnya, UNY berharap para mahasiswa dapat kembali ke daerah masing-masing untuk mengabdi dan menerapkan ilmu yang mereka peroleh selama di UNY di daerah masing-masing (aji).