MONITORING DAN EVALUASI MAHASISWA PPL THAILAND DI SMPN 1 YOGYAKARTA

“Saya ingin waktu yang lebih lama, 1 bulan kurang lama bagi kami.” Begitu ungkapan Adam Chunsiri atau yang lebih dikenal dengan nama panggilan “Sprite”, mahasiswa PPL dari Thailand yang melaksanakan Program PPL dari SEAMEO di SMPN 1 Yogyakarta pada kunjungan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh KUIK dan LPPMP (5/8/2016).

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini adalah bagian dari penjaminan mutu dan bertujuan untuk menilik performa para mahasiswa PPL. Secara umum para guru pembimbing di SMPN 1 Yogyakarta sangat mengapresiasi kinerja para mahasiswa. Murid-murid pun tak sabar untuk masuk kelas yang diampu oleh para mahasiswa, mereka sangat antusias untuk belajar dan bertukar pikiran tentang budaya Indonesia dan Thailand. “Mereka sangat senang berbicara dalam bahasa Inggris.” ungkap Mojira, salah satu mahasiswa PPL dari Thailand.

Lusi Nurhayati, S.Pd., M.Appl.Ling (TESOL) dan Wahyu Setyaningrum, PhD. turut mendampingi para mahasiswa dalam kegiatan monitoring dan evaluasi ini. Mereka bertanya tentang kesan dan pesan para mahasiswa dalam kegiatan PPL kali ini. Para mahasiswa berpendapat bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka, contohnya dalam membuat lesson plan dan sebagian mengeluhkan kurangnya jangka waktu untuk mereka mengajar. Mereka berempat menginginkan jangka waktu praktek paling tidak diperpanjang menjadi 2 bulan kedepannya. (andre)