MAHASISWA INTERNASIONAL UNY BERCERITA TENTANG BUDAYA DI PURWOKERTO

Pada hari Selasa 15/11/2016, empat mahasiswa internasional dari UNY berangkat ke Purrwokerto untuk berpartisipasi sebagai pembicara dalam acara Student Conference On Cross-Cultural Understanding. Mahasiswa internasional yang terlibat dalam acara tersebut adalah Margaryta Buchkova dari Ukraina, Cao Qing dari Tiongkok, Yusoh Tode dari Thailand dan Deepak Gautam dari India. Kegiatan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 15 – 18 November 2016. Konferensi ini diselenggarakan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa di Purwokerto, Jawa Tengah.

Pada hari pertama mereka mengikuti dua workshop budaya yaitu workshop batik dan keramik. Workshop batik diadakan di SMA N1 Sokaraja yang khusus mempelajari lukisan batik dan seni yang lain. Sedangkan workshop keramik diadakan di sebuah industri kerajinan keramik di Sokaraja. Kegiatan dilanjutkan dengan English Camp dan Outbond bersama mahasiswa jurusan bahasa Inggris, STIKES Harapan Bangsa pada hari Rabu.  Menurut Cinta (Cao Qing), mahasiswa dari Tiongkok berkata tentang kegiatan outbond, “Pemandangan di sini sangat indah, udaranya sangat sejuk. Karena tidak tahu jalan, kami sesat di tengan jalan dan membuang setengah jam. Untungnya, kelompok saya mendapat juara 1.”

Pada hari Kamis dan Jumat, acara dilanjutkan dengan konferensi Student Conference On Cross-Cultural Understanding. Mahasiswa mempresentasikan budaya yang ada di negara mereka pada acara tersebut. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti acara dan mendengarkan presentasi dari mereka. Mereka merasa sangat senang mengikuti acara tersebut karena mereka bisa mengunjungi beberapa tempat di Purwokerto, bisa belajar bersama mahasiswa dari Indonesia serta mengenalkan budaya mereka ke masyarakat Indonesia.  Menurut Margaryta acara tersebut sangat menarik dan bermanfaat bagi mahasiswa Internasional di Uny karena memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengenal budaya lain selain Yogyakarta. Di mengatakan, “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Kantor Internasional UNY atas kesempatan yang saya berikan untuk ambil bagian dalam Konferensi tersebut dan kalau ada acara lagi, boleh saya ikut lagi.”(Alfa)