KUIK FASILITASI PEMBEKALAN BAGI MAHASISWA PPL THAILAND

Pada hari Selasa (19/7/2016), Kantor Urusan Internasional dan Kerja Sama (KUIK) menerima sekaligus memberikan pembekalan kepada mahasiswa asing dari Thailand yang akan menjalani program PPL di SMP Negeri 1 Yogyakarta. UNY menerima 4 mahasiswa dari Thailand untuk melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah menengah pertama di Yogyakarta atas supervisi UNY selama kurun waktu 18 Juli sampai 15 Agustus 2016. Para mahasiswa Thailand tersebut berasal berbagai universitas yang berbeda. Adapun empat orang mahasiswa tersebut adalah Panawan Nison, Kunlayut Chuisri, Jirapa Upatham dan Sirisup Junampai. Mereka berasal dari Valaya Alongkorn Rajabhat University (VRU), Thepsatri Rajabhat University (TRU), Chiang Rai Rajabhat University (CRU) dan Surratthani Rajabhat University (SRU).

Pembekalan yang diberikan meliputi Cross Culture Understanding oleh Dr.-Ing. Satoto E. Nayono, M.Sc., pengenalan tentang UNY & Yogyakarta oleh Retna Hidayah, Ph.D. dan Bahasa Indonesia untuk pengajaran oleh Lusi Nurhayati, M.Appl.Ling. Pembekalan ini dianggap penting untuk untuk mengembangkan pemahaman mereka akan budaya Indonesia mereka serta dapat mengembangkan kemampuan berinteraksi dengan siswa di Yogyakarta.

Para mahasiswa PPL dari Thailand yang datang ke UNY merupakan bagian dari program SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organisation) yang bernama “Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project)” dimana UNY menjadi salah satu mitranya. Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan pada calon guru dari berbagai universitas di kawasan Asia Tenggara untuk melakukan parktik mengajar atau PPL di sekolah di negara –negara kawasan Asia Tenggara. (andre)