You are here

CLOSING CEREMONY PROGRAM BIPA UNY TAHUN AJARAN 2016/2017

BIPA UNY 2016/2017

"Saya datang ke sini tanpa tahu (Bahasa Indonesia). Hanya tahu satu kata dalam Bahasa Indonesia, " ujar Kijambu John Baptist dari Uganda dalam acara Penutupan Program BIPA UNY Tahun Ajaran 2016/2017 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY pada tanggal 6 Juli 2017.

John,  peserta program Kemitraan Negara Berkembang (KNB), mengakui bahwa selama belajar bahasa Indonesia, dia telah menerima banyak bantuan  dalam memperbaiki kemampuannya dalam berbahasa Indonesia.  "Saya dan teman-teman mengucapkan terima kasih banyak kepada para dosen yang mengajar Bahasa Indonesia dengan baik," katanya.

Sedangkan Michalina Anna Skotnicka peserta Program Darmasiswa dari Polandia menyatakan bahwa setahun terakhir ini adalah pengalaman hidup yang paling baik dan tidak akan pernah akan dia lupakan.  "Saya mau mengucapkan terima kasih  untuk semua dosen untuk kesabaran dan bantuannya," kata Micha saat menyampaikan kesannya saat belajar Bahasa Indonesia di UNY.

Para peserta BIPA UNY pada tahun ajaran 2016/2017 telah membuktikan bahwa dengan semangat belajar yang tinggi dan bimbingan dari dosen maupun tutor, mereka mampu meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa Indonesia. Pada periode ini, setidaknya tercatat ada 5 orang peserta yang berhasil meraih beberapa prestasi.  Nabiyya Zarbali dari Azerbaijan meraih “Favourite Winners of Speech in Bahasa Indonesia Competition"  pada International Students Summit 2016. Sedangkan Le phong Vinh dari Vietnam berhasil menjadi juara 2 Lomba Pidato Bahasa Indonesia 2017 di Bandung, Jawa Barat dan sekaligus menjadi  "The most attractive performer"  pada "A-Sing Star Competition" yang dilaksanakan di UAD pada tahun 2016. Sementara itu, Kijambu John Baptist  dari Uganda, berhasil menjadi “Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Indonesia 2017" yang dilaksanakan  di ITS, Surabaya.  Dalam "Lomba Penulisan Jurnal Bahasa Indonesia" bertema  "Catatan Darmasiswa: Hidup dan Kehidupan Indonesia 2017", Michalina Anna Skotnicka dari Polandia dan Dibya Shikha dari India berhasil meraih juara 2.

Terkait dengan pelaksanaan program BIPA di UNY tahun ajaran 2016/2017, Dr.-Ing. Satoto E. Nayono, M.Eng., M.Sc., selaku Kepala KUIK UNY  menyampaikan beberapa hal penting. Pertama, rasa bangga terhadap para peserta Program BIPA. Dalam pengamatannya, para peserta memiliki semangat yang luar biasa dalam belajar bahasa dan budaya Indonesia. Kedua,   bagi peserta program KNB diharapkan untuk mempersiapkan diri  dalam menghadapi tantangan berikutnya yaitu menyelesaikan studi lanjut di UNY. Ketiga, Kepala KUIK UNY juga mengharapkan para peserta BIPA untuk menceritakan pengalaman baik mereka selama di Indonesia kepada keluarga, teman dan dosen di negara masing-masing. Keempat, untuk alumni Darmasiswa UNY nantinya akan diadakan semacam perkumpulan alumni Darmasiswa.  (Laksa/Andre)

International Student Corner

Pura Besakih adalah alah satu pura-pura yang paling terkenal tidak hanya di antara pura-pura Bali tetapi juga di antara tempat wisatawan di pulau tersebut. Kalau Anda sudah pernah di Bali mungkin namanya kedengaran akrab. Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terletak di Desa Besakih,...

Candi Sambisari adalah candi hindu yang berada di Purwomartani kelasan , seleman Yogyakarta candi ini dibangun pada abat ke 9 masa pemirintahan raja Rakai Garung Candi ini dimukan pada tahun 1966 oleh seorang petani di desa Sambisari dan dipugur pada tahun 1986 oleh...

Kontak Kami

Gedung Rektorat Sayap Utara lt. 3, Kampus UNY Karangmalang, Jalan Colombo No. 1, Sleman Yogyakarta 55281

Telp/fax. +62 274 520324       

kesekretariatan                :  international.office@uny.ac.id

promosi dan publikasi        : unyenglish@gmail.com