4 UNIVERSITAS DI THAILAND JADI MITRA PELAKSANAAN PPL UNY

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di tahun ini berinisiatif mengirimkan mahasiswa untuk Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di universitas – universitas di Thailand. Sebagai fasilitator dalam kegiatan ini adalah LPPMP (Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan) yang bekerjasama dengan Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK) UNY. Sekitar 4 mahasiswa, yaitu Yonis Iman Sari dan Aini Nu Rahmah dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris, serta Andina Yuliana Dewi dan Nurul Purnaningsih dari program studi Pendidikan Matematika, siap diberangkatkan ke universitas – universitas di Thailand.

“Pengiriman mahasiswa PPL internasional ini diharapkan menjadi salah satu langkah strategis UNY dalam menuju universitas kependidikan kelas dunia (UKKD) yang akan diwujudkan pada tahun 2025”, ujar Ratna Anugrah, staf Kemitraan Luar Negeri KUIK yang menjadi pengurus penyelenggaraan PPL internasional kali ini.

Pemberangkatan akan dilaksanakan pada 17 Juli 2016. Direncanakan ada 4 perguruan tinggi yang menjadi mitra UNY pada penyelenggaraan PPL di Thailand, yaitu Phranakhon Si Ayutthaya Rajabhat University (ARU), Suratthani Rajabhat University (SRU), Thepsatri Rajabhat University (TRU), dan Valaya Alongkorn Rajabhat University (VRU).

Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa yang akan mengikuti PPL luar negeri ini, KUIK bekerjasama dengan LPPMP memberikan pembekalan selama 4 hari, yakni dari 27 Juni 2016 hingga 1 Juni 2016. Adapun materi yang disampaikan seputar penerbangan internasional, pemahaman budaya luar negeri, kiat – kiat tinggal di Thailand oleh KUIK UNY, hingga hal – hal teknis terkait pelaksanaan PPL, meliputi pengajaran mikro, penyusunan RPP, pengajaran dalam kelas dengan menggunakan Bahasa Inggris, dan kerjasama tim yang disampaikan oleh pihak LPPMP.

Bersama dengan 4 mahasiswa yang akan dikirimkan ke Thailand, UNY juga akan mengirimkan 17 mahasiswa lain, namun dengan negara tujuan yang berbeda, yaitu Malaysia. (Wulan)